Kamis, 22 November 2012

Biografi singkat Ir.Soekarno


Pada bahasan kali in saya akan menceritakan seorang tokoh revolusioner, yang biasa sebut dengan panggilan Bung Karno. Nama asli nya adalah Kusno Sosrodihardjo yang lahi di Blitar Jawa Timur, pada 6 juni 1901 dan wafat di jakarta pada 21 juni 1970 pada umurnya yang ke-69 tahun. Dia di lahirkan oleh seorang wanita bali yang bernama  Ida Ayu Nyoman Rai, istri dari seorang guru yang bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo. 


ketika waktu msih kecil soekarno tinggal bersama kakeknya di tulung agung, dan kemudian ketika umur 14 tahun, dia di ajak oleh teman dari ayahnya yang bernama Oemar said Tjokroaminoto mengajak soekarno untuk tinggal di surabaya dan bersekolah di Hoogere Burger School (H.B.S.), di sana dia di ajarkan megaji . Disana dia banyak bertenu dengan para pemimpin Sarekat Islam. Setelah tamat bersekolah di Hoogere Burger School (H.B.S.), dia melanjutkan sekolahnya di Technische Hoge School (sekarang ITB) di Bandung, dan tamat pada tahun 1925. Saat di Bandung, Soekarno berinteraksi dengan Tjipto Mangunkusumo dan Dr. Douwes Dekker, yang saat itu merupakan pemimpin organisasi National Indische Partij.

Soekarno mempunyai enam orang istri yang mana Oetari, Inggit Garnasih, Fatmawati, Hartini, Ratna Sari Dewi Soekarno (nama asli: Naoko Nemoto), Haryati. Dan dari istri-istrinya Soekarno pun dikaruniai anak, yaitu Guruh Soekarnoputra, Megawati Soekarnoputri, Guntur Soekarnoputra, Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri, Taufan dan Bayu (dari istri Hartini), Kartika Sari Dewi Soekarno (dari istri Ratna Sari Dewi Soekarno). mungkin itu saja biografi singkat dari seorang Ir.Soekarno mudah-mudahan bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar